Bingung memilih Nama Domain ? Yuk Ikuti Tips Ini


Bagi kalian yang baru terjun dalam dunia digital marketing tentu saja akan bingung saat pertama kali kalian membeli yang namanya domain. Selain itu, kalian juga pasti bingung bagaimana memilih nama domain secara tepat untuk website yang kalian miliki. Dalam hal ini sebenarnya hampir sama saja seperti kalian memilih nama untuk perusahaan kalian atau juga bisnis yang saat ini kalian jalani. Pastinya juga kalian akan memiliki banyak pikiran dalam memilih nama tersebut. domain nantinya akan menajdi salah satu identitas kalian didalam jejaring Internet yang ada. Sehingga kalian harus memastikan bahwa nama yang kalian pilih telah sesuai.

Tips Dalam Memilih Nama Domain Dengan Tepat

Ikuti langkah yang ada di bawah ini, jika memang kalian ingin mempunyai yang namanya domain secara tepat dan memang sesuai dengan kalian.

#1 Menggunakan Nama Domain Sekreatif Mungkin & Brandable

Kalian sebisa mungkin untuk membuat suatu nama yang emamng kreatif beda dengan yang lain dan tentunya juga brandable. Yang dimaksudkan brandable itu seperti apa si ? jadi nama brandable adalah nama yang unik dan harus lebih menonjol dibandingkan dengan competitor lainnya.  caranya adalah : dengan kalian menggunakan kata baru, gunakan juga kata-kata menarik yang mungkin sudah ada lalu kombinasikan saja dengan yang kalian inginkan yang memang sesuai dengan bisnis kalian, dan terakhir untuk gunakan generator nama domain.

#2 Pastikan Domain Kalian Mudah Untuk Diketik

Membuat sautu domain dengan nama yang unik, mudah diingat dan juga mudah dalam pengetikannya. Hal ini bisa sangat membantu kalian untuk mencapai sukses dalam dunia online. Jika kalian menggunakan ejaan gaul / kata yang memiliki beberapa ejaan bisa dibilang akan susah untuk diingatnya.

#3 Sebisa Mungkin Nama Domain Harus Pendek

Kalian tentunya sebagai konsumen akan malas sekali jika mengingat suatu nama perusahaan atau bisnis yang namanya panjang bukan ? jika nantinya kalian membuat nama domain kalian menajdi lebih pendek, sudah otomatis konsumen kalian akan mudah dalam mengingat dan juga mudah untuk mengetik alamat domain kalian. Disarankan sekali nama domain kalian tidak lebih dari 20 karakter yah guys.

#4 Gunakan Keyword Dalam Kepentinga Website

Jika kalian memang membuat nama domain untuk kepentingan bisnis, maka kalian harus membuat suatu keyword yang berhubungan dengan bisnis kalian. Misal saja bisnis sanck kekinian, kalian bisa tambahkan Snack didalam domain. Dengan menggunakan keyword ini bisa memungkinkan website bisnis kalian akan muncul dihalaman pertama dalam hasil pencaharian tersebut.

#5 Menargetkan Secara Area

Jika nantinya kalian membuka suatu bsinis melalui website online dan termasuk pada bisnis local. Maka kalian juga bisa dalam hal mempertimbangkan untuk memeasukan nama kota kalian agar nantinya konsumen kalian juga tahu dan mudah untuk meenmukan bisnis kalian.

#6 Lakukan Research!

Kalian juga harus memastikan bahwa nama domain kalian ini belum yang namanya di trademark, copyright atau digunakan oleh pihak lainnya. jika nama domain kalian sudah kena hal semacam itu, maka bisa saja kalian akan terkena masalah legal. Maka dari itu kalian penting untuk melakukan research.

#7 Mengecek Nama Domain Di Sosmed

Untuk nantinya membangun sebuah merk, kalian ada baik memiliki nama yang sama diseluruh domain dan juga sosmed. Hal ini bisa membangun branding kalian serta memudahkan pengunjung untuk menemukan web kalian. Dan hal ini juga bisa menghindari masalah hukum karena nama-namanya sudah trademark.

#8 Jauhkan Dari Penggunaan Angka & Hyphens

Jika kalian menggunakan kedua hal ini, maka nantinya nama domain kalian juga aka lebih ribet lagi. Kalian bisa ambil contoh jika saja Twitter diberikan hyphens, maka yang akan terjadi adalah Twitt-Ter. Dan belum tentu nantinya mereka bisa seterkenal sampai saat ini. Nah, hal inilah yang belum tentu membuat bisnis kalian jadi bisa terkenal hanya karena memasang hyphens dan angka pada domain kalian.

#9 Terakhir Menggunakan Extension Domain Secara Tepat

Extension sendiri adalah akhiran dari nama domain yaitu seperti .com atau .net pada akhir web kalian. Selain kedua hal tersebut saat ini memang sudah banyak general top level domain dengan contoh : .photography, .guru, .id dllnya.

Jika kalian inginj, kalian bisa gunakan Extension berikut ini :

  • .co untuk web komersial .
  • .info untuk web informatif.
  • .net untuk web yang menyediakan struktur tenang internet.
  • .org untuk web non comerrsil dan non profit.
  • .biz untuk web bisnis dan komersial.
  • .me untuk personal seperti blogger.

Namun yang sering dipake orang-orang ialah .com untuk akhiran webnya.